a song for my soundtrack..

16 May 2011

logo

Swaragama FM, The soundtrack of your life begitulah yang saya dengar dari sebuah radio popular yang mengudara di Yogyakarta. Tagline yang benar-benar nggigit, saya sebagai orang jogja dan juga salah satu pendengarnya merasa bangga akan kehadiran radio ini. Memberi nuansa lain, dengan banyaknya lagu yang diputar, penyiar-penyiar yang ramah dan renyah serta 24 jam mengudara benar-benar bisa memberi soundtrack bagi para pendengar setianya. Yang pengen streaming juga bisa, tinggal klik saja FBnya Swaragama.

Sebuah lagu pernah menggaung keras dalam telingaku lewat radio ini. Begging for Mercy yang dinyanyikan Bullet for My Valentine, lagu yang mungkin bisa menjadi suatu awal yang buruk untuk mengawali hari dengan lagu menyedihkan semacam ini. Tentu saja apabila kita mengerti akan maksud dan juga cerita yang terurai dalam liriknya. Namun, rupanya sebuah kenyataan berkata lain, seseorang bahkan mampu bergoyang, berjoget meski lagu yang mengiringi sebenarnya adalah lagu berlirik sendu. Mungkin benar juga kata temanku, Semangat seperti itu mirip dengan semangat music dangdut. Mau lagunya sesendu mendayu apa, yang penting goyangnya. Tinggal rasakan ketipungnya, rasakan distorsi gitarnya, rasakan dentum double pedalnya, kamupun akan menghirup udara yang berbeda sesudahnya.

Sebelumnya (tepatnya sesaat setelah lagu Begging for Mercy ini keluar) aku bisa dengan mudah bergoyang, menganggukkan kepalaku, dan berjingkrak seolah aku sedang berada di atas angin dan menghempaskan semangatku lebih tinggi. Kenapa bisa sampai seperti itu.? Beat dan arransemen yang berkarakter kuat itulah yang masuk pertama kali dalam pikiranku tanpa harus tahu lirik seperti apa yang sebenarnya sedang dinyanyikan, lagipula bahasa yang mereka gunakan memang berbeda dan saya juga kurang begitu fasih dengan Bahasa Inggris. Namun karena penasaran, saya pun akhirnya mencari dan mencoba memahami akan lirik lagu tersebut. Alhasil, persepsi dan perlakuan saya terhadap lagu tersebut berubah. Lagu itu saya putar berulang-ulang sambil mengingat dan memikirkan apa yang sedang terjadi dalam kehidupanku.

Gambaran yang ada dalam setiap liriknya saya sadari betul, hampir sepenuhnya sesuai dengan apa yang pernah ataupun sedang saya alami. Bagaimana sebuah kesalahan itu terjadi tanpa disadari dan berakibat buruk terhadap relasi dengan orang-orang terdekatku, bagaimana susahnya harus berendah diri untuk meminta maaf, bagaimana perasaan bersalah itu berkecamuk, bagaimana harus meyakinkan bahwa saya memang keliru, benar-benar meminta maaf dan tak akan mengulanginya kembali, dan yang terburuk adalah ketika saya merasa dijauhi oleh orang-orang terdekat saya tersebut. Hal itu tergambar dengan komposisi apik dalam sebuah lagu dengan vocal, beat, distorsi gitar dan juga teriakan parau. Yah, lagu itu memang menggambarkan salah satu dari kisah kehidupanku. Tapi apakah hanya akan berhenti disitu saja? Apakah lagu itu hanya akan menjadi pengingat akan sebuah masalah buruk yang pernah aku alami dan tak pernah ada jalan keluarnya?

music

music

Please forgive me; I dont know what Im doing.
Someone help me; stop begging for your mercy.

Penggalan lirik yang menjadi Refrain dari lagu tersebut memacu saya agar tidak hanya diam tanpa tahu harus berbuat apa. Sayapun kemudian bercerita pada teman tentang masalah yang sedang saya hadapi dan mereka mendengarkan saya. Saya tak harus terpuruk diam dalam perasaan bersalah dan terus menerus memohon maaf, saya tahu bahwa saya harus menunjukkan permintaan maaf itu dengan hal-hal konkrit yang lebih realistis. Meskipun berat, namun sampai saat ini telah menunjukkan hasil yang baik meski belum memuaskan. Relasi sudah terjalin kembali, kepercayaan mereka terhadapku sepertinya juga sudah kembali tertanam dan hal itu membuat saya setidaknya lebih enak, lebih plong dalam menjalani pekerjaan, keseharian, semuanya dengan beban yang telah banyak berkurang.

Yup, lagu itu benar-benar menjadi salah satu soundtrack of my life. Bukan masalah aliran ataupun lagu pupoler, namun tentang lagu yang mampu mewakili kisah dalam kehidupanku, lagu yang mampu membawa perubahan dalam alur kisah-kisahku, nada yang mengiringi setiap langkah kita dalam mengarungi hidup. Nada-nada yang disengaja atau tanpa sengaja kamu dengar, yang akan melecut semangatmu, nada yang akan membuatmu merasa sangat kehilangan, nada yang akan membuatmu menyesal, nada yang akan membuatmu merasa lepas, puas bahkan merasa bosan.

What bout you?


TAGS radio hidup lagu swaragama soundtrack life nada


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post